Jin-Woo: Hunter Terlemah yang Berubah Menjadi Terkuat

Solo Leveling Manhwa dari penulis Chugong (Story), Sung-rak (Art), Disciples (Art), Sinopsi, Latar Belakang, Informasi, Link Baca
Solo Leveling, Cover Art

Sinopsis

Sepuluh tahun yang lalu, "Gerbang" muncul dan menghubungkan dunia nyata dengan dunia sihir dan monster. Untuk memerangi binatang-binatang keji ini, orang-orang biasa menerima kekuatan super dan dikenal sebagai "Pemburu". Sung Jin-Woo yang berusia dua puluh tahun adalah salah satu Pemburu tersebut, tetapi dia dikenal sebagai "Yang Terlemah di Dunia", karena kekuatannya yang menyedihkan dibandingkan dengan E-Rank yang sangat kecil. Namun, dia tetap berburu monster tanpa lelah di Gates peringkat rendah untuk membayar tagihan medis ibunya.

Namun, gaya hidup yang menyedihkan ini berubah ketika Jin-Woo-yang meyakini bahwa dirinya adalah satu-satunya orang yang tersisa untuk mati dalam sebuah misi yang salah-bangun di rumah sakit tiga hari kemudian dan mendapati sebuah layar misterius mengambang di depannya. "Quest Log" ini menuntut Jin-Woo untuk menyelesaikan program pelatihan yang tidak realistis dan intens, atau menghadapi hukuman yang sesuai. Awalnya enggan mematuhinya karena kerasnya misi ini, Jin-Woo segera menyadari bahwa misi ini mungkin akan mengubahnya menjadi salah satu Pemburu paling menakutkan di dunia.

Latar Belakang

Solo Leveling merupakan seri webtoon yang telah resmi diterbitkan dalam format buku oleh D&C Media (디앤씨미디어) sejak 26 September 2019. Seri ini awalnya berakhir dengan 179 bab pada 29 Desember 2021, dan cerita sampingannya mulai diserialisasikan pada 20 Januari 2023. Cerita sampingan digambar oleh para murid setelah kematian seniman asli Sung-rak Jang.

Serial ini telah diterbitkan secara digital dalam bahasa Inggris oleh Tappytoon sejak 4 Juni 2020, dan dalam bentuk cetak oleh Yen Press sejak 2 Maret 2021. Serial ini juga telah diterbitkan dalam bahasa Prancis oleh Delcourt sejak 7 April 2021.

Informasi

Jenis Manhwa
Chapters 201
Status Selesai (End)
Diterbitkan 4 Maret 2018 hingga 31 Mei 2023
Genre Action, Adventure, Fantasy
Serialisasi KakaoPage
Penulis Chugong (Story), Jang, Sung-rak (Art), Disciples (Art)

Review

Manhwa solo leveling itu keren banget deh. Ceritanya seru abis, penuh sama aksi, petualangan, dan fantasi. Protagonisnya, Sung Jin-Woo, itu hunter yang dulunya cupu dan sering babak belur, tapi tiba-tiba dapet kekuatan aneh yang bikin dia bisa naik level dan jadi makin jago. Gue suka liat perkembangan karakternya dari hunter biasa-biasa aja jadi hunter nomor satu di dunia. Gambarnya juga mantap dan detail, bikin setiap adegan terlihat kaya beneran dan bikin deg-degan. Manhwa ini cocok banget buat lo yang suka genre power fantasy dan RPG.

Link: